-->

Konstanta Dan Variable Pada Pemograman PHP


Sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang pengertian singkat bahasa pemograman PHP dan penjelasan serta penerapan syntax yang ada pada PHP. Nah, kali ini saya akan membahas tentang konstanta dan variable ada PHP.

Konstanta 
Seperti matematika saja ya, ada istilah “konstanta”, tetapi memang itulah basic dan konsep dari programming. Pada rumus matematika terdapat rumus ax² + bx + c, nah konsep matematika inilah yang akan kita pakai untuk dasar programming PHP. Pada rumus di atas huruf a, b, dan c itulah dimaksud dengan konstanta. Pengertiannya sama seperti
matematika, konstanta pada pemrograman PHP adalah varibel tetap atau variabel yang nilainya tidak berubah – ubah. Pada PHP, konstanta didefinisikan dengan fungsi define(). Ayo kita langsung praktekkan.

Nama File  : konstanta.php
Lokasi  : ../htdocs/belajarphp/konstanta.php

Penjelasan kode
 - Baris 1, script awal pemrograman PHP
 - Baris 2 – 4, membuat definisi konstanta dengan nama Kampus, Jurusan dan Alamat yang masing – masing mempunyai value / nilai Universitas Semarang, Teknik Informatika, dan Jalan Soekarno Hatta Tlogosari Semarang.
-  Baris 6 – 8, menampilkan konstanta tersebut ke browser.
 - Baris 9, script akhir pemrograman PHP.

Variabel 
Variabel pada pemrograman PHP digunakan untuk menyimpan data sementara, dimana nilai dari data tersebut bisa berubah – ubah setiap kali program dijalankan. masih pada rumus matematika ax² + bx + c. Nilai x pada rumus tersebut itulah yang dinamakan dengan variabel.
Ketentuan dalam pembuatan variabel :
  Variabel diawali dengan tanda dolar ($).
  Setelah tanda $ diawali oleh huruf (contoh : $kota, $nama, $alamat).
  Variabel bersifat case sensitive (jadi antara $kota, berbeda dengan $Kota).
 Variabel tidak boleh mengandung spasi, apabila ada 2 (dua) kata pada variabel dapat disambung dengan tanda underscore (contoh : $nama_lengkap, $tempat_lahir).

Nama File  : variabel.php
Lokasi   : ../htdocs/belajarphp/variabel.php

Penjelasan Kode :
 - Baris 3 – 4, membuat variabel dengan nama buku dan penulis, yang mana variabel tersebut masing – masing mempunyai nilai Programming PHP dan Joko Suntoro.
 - Baris 6 – 7, menampilkan value dari variabel buku dan penulis pada browser.


0 Response to "Konstanta Dan Variable Pada Pemograman PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel