-->

Jenis Jenis Sistem Operasi


Sistem operasi adalah sebuah software lapisan pertama yang di letakan pada media penyimpanan hardisk. Sistem operasi ini yang mengatur semua semberdaya pada komputer baik hardware maupun software. Di dunia ini banyak sekali jenis sitem operasi yang beredar di pasaran baik yang gratis maupun yang berbayar. Secara umum sistem operasi di bagi dalam beberapa jenis:

Sistem operasi open source
Sistem operasi open sources adalah sebuah SO yang kodenya dapat dikembangkan oleh user. Jadi user dapat mengedit atau mengubah struktur kode pada SO ini. Biasanya SO jenis ini digunakan untuk sebuah server karena memudahkan administrasi dalam menyusun sebuah server. Contoh SO open sources adalah semua keluarga linux seperti debian,ubuntu,open suse dll.

Sistem operasi close sources
Sistem operasi ini adalah kebalikan dari SO open sources. Karena SO ini tidak bisa di ubah struktur kodenya. Contoh SO ini adalah keluarga windows seperti windows xp,7,8 dan 10.

Menurut interfaces nya sistem operasi di bagi menjadi 2 jenis:

SO bebrbasis GUI (Grafik user interfaces)
SO ini memiliki interface GUI artinya dalam mengoperasikan SO ini kita di suguhkan dengan tampilan berupa menu menu atau gambar, jadi sangat memudahkan kita dalam mengoperasikan nya. Contoh SO yang menggunakan GUI adalah keluarga windows.

SO berbasis CLi ( Comannd Line Interfaces)
dalam mengoperasikan SO ini kita harus menulis sebuah kode untuk memerintah komputer untuk menjalankan suatu program SO yang menggunakan CLI adalah keluarga linux.

Menurut fungsinya sistem operasi dibagi menjadi 2, yaitu:

SO jaringan
Sistem operasi ini didesain untuk melayani kebutuhan user dengan menyediakan berbagai layanan yang di butuhkan. SO ini biasa dingunakan di perusahaan berskala besar. Salah satu SO jaringan adalah ubuntu,debian dll.

SO stand alone
SO ini hanya digunakan untuk keperluan sendiri tidak di pakai untuk melayani user dalam jumlah besar. Salah satu SO stand alone adalah win xp..

0 Response to "Jenis Jenis Sistem Operasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel