-->

Struktur Kendali Dan Pengulangan Pada Pemogramaan PHP

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit materi tentang pemograman PHP yaitu struktur kendali dan pengulangan. buat kalian yang baru belajar php kalian bisa liat postingan saya sebelumnya tentang syntax pada pemograman php dan sedikit materi tentang konstanta dan variable.

Struktur Kendali 
Pada tutorial tentang operator perbandingan, kita telah menerapkan dari konsep struktur kendali yaitu if..elseif. Struktur kendali adalah elemen penting dalam semua bahasa pemrograman, karena pada struktur kendali inilah kita dapat mengontrol jalannya eksekusi program. Atau dapat dijelaskan dengan pernyataan bersyarat untuk mengendalikan urutan pernyataan agar kita mendapatkan nilai.

A. Struktur Kendali if
Struktur kendali if ini sangat jarang digunakan oleh para programmer, karena if hanya berisi 1 (satu) statement - kondisional saja. Secara umum, struktur kendali if mempunyai bentuk seperti di bawah ini

if(kondisi){  statement }

B. Struktur Kendali if…else…
Struktur kendali inilah yang paling sering dipakai oleh para programmer, struktur kendali ini memiliki kondisi dan 2 statement saja. Penulis menggunakan konsep struktur kendali ini untuk validasi user dan password pada form login.

Nama file : ifelse.php
Lokasi : ../htdocs/belajarphp/ifelse.php
Kemudian buka browser 

Silakan teman – teman ubah untuk value pada variabel user atau password, maka lihat apa yang akan tampak pada browser teman – teman

C. Struktur Kendali if…elseif..
Struktur kendali ini telah kita buat pada bab operator perbandingan pada tutorial sebelumnya. Silakan teman – teman pahami ya struktur syntax pada bab sebelumnya.
 Intinya struktur kendali ini digunakan apabila nantinya untuk hasilnya mempunyai kondisional statement yang banyak.

D. Struktur Kendali switch..case..
Switch..case.. merupakan salah satu alernatif untuk melakukan pemilihan statement.

Nama file : switchcase.php
Lokasi : ../htdocs/belajarphp/switchcase.php

Hasil pada browser untuk script switchcase.php

2. Pengulangan
Sistem pengulangan atau bahasa kerennya adalah looping yaitu suatu proses perputaran nilai dimana nilai tersebut telah di setting dengan aturan – aturan tertentu.Pengulangan biasanya dipakai oleh programmer untuk membuat paging, looping untuk query array, dan sebagainya. Pengulangan tidak hanya dimiliki oleh PHP saja, tetapi dimiliki oleh semua bahasa pemrograman, secara konsep adalah sama, yang membedakan hanya syntaxnya saja.

A. Pengulangan For
Pengulangan for biasanya digunakan untuk melakukan looping yang banyaknya data sudah
diketahui.

Nama File : for.php
Lokasi : ../htdocs/belajarphp/for.php

Hasil pada browser untuk script for.php

B. Pengulangan While
Pengulangan while adalah pengulangan yang mendefinisikan kondisi di awal perintah. Jadi apabila kondisi pada awal tidak terpenuhi maka proses pengulangan tidak akan pernah dilakukan.

Nama file : while.php
Lokasi : ../htdocs/belajarphp/while.php
Penjelasan kode
: - Baris 2, kita mendefinisikan nilai awal yaitu dengan nilai 5.
 - Baris 3, pemeriksaan perulangan terjadi pada bagian ini, apabila nilai kurang dari angka 1, maka proses perulangan akan dihentikan.
- Baris 4, kita akan mencetak huruf pada browser, sesuai ukuran yang di definisikan pada <font size=$w).
 - Baris 5, baris perintah decrement, disini nilai awal yang kita definisikan di awal yaitu angka 5, akan dikurangi 1 setiap prosesnya, dan akan berhenti pada angka 1. Jadi kalo ditulis dalam garis bilangan, bilangan yang didapat adalah $w = 5, 4, 3, 2, 1. Urutan angka tersebut akan mengisi pada <font size=$w>.

Hasil pada browser untuk script while.php

C. Pengulangan Do – While
Pengulangan do-while hampir sama dengan pengulangan while. Perbedaannya hanya terletak pada penempatan kondisi saja, jika pada while kondisi di awal perintah, maka jika do while kondisi berada di akhir perintah. Sehingga pada perulangan ini akan tetap melakukan looping minimal sebanyak satu kali, meskipun kondisi tidak terpenuhi.

Nama file : dowhile.php
Lokasi : ../htdocs/belajarphp/dowhile.php

Hasil pada browser untuk script dowhile.php


0 Response to "Struktur Kendali Dan Pengulangan Pada Pemogramaan PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel