-->

Function Server Pada Debian Beserta Fungsinya

Siapa yang tidak pernah mendengar kata debian, sistem operasi yang satu ini memang sudah tidak asing lagi buat para pencinta linux. Selain gratis dan open sources sistem operasi ini di lengkapi dengan paket paket aplikasi yang mendukung kinerja sebuah server. Sudah tidak asing lagi memang jika debian ini banyak dipakai dalam membangun sebuah server terutama buat kalian anak SMK jurusan TKJ pasti kalian bertemu dan bergelut dengan sistem operasi ini.

Memang banyak sistem operasi linux lainnya yang bisa di jadikan sebuah server namun menurut saya debian lah yang sangat recommended buat kalian yang ingin belajar membuat sebuah server. Selain berbasis CLI debian juga sudah ada versi GUI. Nah, kali ini saya akan memberi informasi tentang function server beserta fungsinya.

Router/internet gateway
Buat kalian yang belum tau, sebuah SO juga bisa di jadikan sebuah router atau disebut juga PC Router. Seperti hal nya debian, SO ini juga bisa di jadikan sebuah router. Buat kalian yang tidak mampu beli router board kalian bisa menggunakan debian sebagai router. Fungsi router sendiri adalah untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan yang berbeda network.

Web server
Server ini berfungsi untuk menampilkan informasi kepada client dengan berbasis protocol http. Jika kalian ingin membuat server ini kalian bisa menggunakan apache2 atau nginx.

Dns server
Server ini berfungsi untuk mengubah sebuah alamat ip kedalam sebuah nama domain TLD. Aplikasi yang digunakan adalah bind9.

Dhcp server
Server ini berfungsi untuk mengalokasikan alamat ip yang valid kepada client, jadi client tidak perlu memasukan ip secara manual melainkan tinggal mengobtaikan nya saja. Aplikasi yang digunakan adalah isc-dhcp-server.

Ftp server ( file transfer protocol)
Server ini berfungsi untuk mengirim suatu data atau file menggunakan sebuah protocol dalam jaringan. Ini memudahkan ketika client meminta data ke server, jadi client tinggal mengdownload data atau file yang sudah di upload oleh server. Aplikasi yang bisa di gunakan adalah Proftpd.

Mail server
Server ini berfungsi untuk bertukar email atau pesan antar client dalam sebuah jaringan. Ini sangat bermanfaat karena untuk komunikasi antara client satu dengan yang lainnya. Aplikasi yang digunakan adalah postfix.

Proxy server.
Server ini berfungsi sebagai firewall, karena dengan adanya proxy kita dapat memfilter paket mana yang di ijinkan dan yang tidak di ijinkan. Selain itu proxy juga berfungsi sebagai cahce yaitu menyimpan sumber sumber data yang sudah di minta oleh client. Aplikasi yang digunakan adalah squid3.

Ntp server.
Server ini berfungsi untuk mengsinkronkan waktu client dengan waktu yang ada di server. Aplikasi yang di gunakan adalah Ntp.

Cacti.
Cacti ini berfungsi untuk memonitoring semua perangkat dan prosea yang ada pada server dan di sajikan dalam bentuk grafik.

Sebenarnya masih banyak function server pada debian, namun itu saja yang bisa saya tulis dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Function Server Pada Debian Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel